Skip to main content

I Just Suddenly Miss You - Part 2

Kata Afgan, jodoh pasti bertemu.

Setelah gue lulus SMA kabar terakhir yang gue denger dari Acil itu dia mau masuk Akpol. Sedangkan gue ngelanjutin kuliah di universitas swasta. Tapi, siapa sangka tau-tau gue bisa ketemu dia lagi di universitas yang sama, jurusan yang sama, dan kelas yang sama pula.



2010.
Akhirnya gue ketemu lagi sama si Acil. Begitu tau gue sama dia sama-sama satu kampus, dia langsung ngontak gue. Kita sempet beberapa kali ke kampus bareng. Apalagi waktu jamannya masih ospek, kalo dia sempet pasti di jemput gue dan ke kampus bareng.

Namanya juga masih baru lulus SMA, wajar kalo masih kebawa suasana jaman sekolah dulu. Jadi pernah suatu kali gue pergi nonton berdua dia, nonton Ninja Assassin atau apalah namanya itu, di Puri. Gue sempet bilang sama dia kalo kita ketemuan aja di Puri. Tapi dia malah bilang, "Gue cowok. Selagi gue bisa kenapa lo harus jalan sendirian. Nggak gentle amat gue." ,ciegitu.

Nggak ada yang spesial sih dari kejadian selama kita satu kampus dan sempet jalan bareng itu. Sampai malam itu tiba.

R: "Gue denger lo mau kuliah di IPB? Pindah dong dari Binus?"
A: "Hehe iya gue mau bilang cuma msh test blm tau lolos apa nggak jadi tar aja ceritanya."
R: "Aaa seneng dengernya. Semoga lolos, aamiin. Eh tapi kita jadi nggak ketemu lagi dong? :("
A: "Jakarta-Bogor sejam juga nyampe."
R: "Tetep aja jauh :( Bakal kangen pasti."
A: "Iyalah awas aja kalo nggak kangen, wkwkwk"
R: "Hahaha kangen lah, mana ada sayang tapi nggak kangen wooo."
A: "Emang iya? :p"
R: "Iya :( Kancil jaga diri baik-baik di sana ya nanti."
A: "Belom oooiiii, wkwkwk"
R: "Yaudah pamitan aja dulu, hahaha"
A: "Tau deh yang lagi deket sama senior di kampus. Pake acara pamitan dulu."
R: "Dih gitu hahaha. Gue mah sayangnya sama lo. Lo nya aja yang nggak sayang :("
A: "Sayang gue sama lo. Lo nya aja nggak tau."

*awkward moment*

Ya, pokoknya gitu. Intinya kita sama-sama tau kalo sama-sama sayang. Sebagai temen. Iya, nggak lebih. Nggak ngarep lebih juga. Dia punya gebetan, gue juga begitu. Tapi kayak yang gue bilang, harus lapor siapa yang bakal jadi pacar gue. Misal pas dia nanya di FB gue dulu, gue lupa sebelumnya dia nanya apa yang jelas saat itu dia tau gue lagi deket sama cowok. 

*buat yang lupa, wall-to-wall dibaca dari bawah ke atas ya :p*



"Kalo ada apa-apa bilang", katanya :')

Mungkin karna faktor lingkungan dan temen baru jadi kita juga jadi jarang ketemu kalo di kampus. Gue dengan kehidupan gue, dia dengan kehidupan dia. Masing-masih dengan kesibukannya sendiri. Sampai hari terburuk itu tiba.

September 2010.

Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri dan saat itu situasinya gue lagi di rumah, sendirian, nggak ada orang sama sekali karna keluarga gue pada silaturahmi ke rumah sodara gue. Gue udah diajak tapi entah kenapa gue males ikut, nyokap kebetulan juga nggak maksa untuk gue ikut. Lalu tiba-tiba gue dikejutkan lewat telfon sama temen gue.

"Rizkya, udah denger belom?"

"Hah? Denger apa?"

"Rizkya, Acil, meninggal."

"......"

"Halo.."

"Nggak lucu becandanya!"

"Tenang ya kita pastiin dulu. Aku juga lagi nyari tau."


Shock. Jelas. Tapi belom nangis. Gue masih percaya itu cuma lagi becanda. Akhirnya gue langsung nelfon temen fue yang lain.

"Halo."

"..nngg."

"Bangun, pe. Pe, Acil meninggal? Bohong kan ya?"

"Gue baru bangun."

"Cepetan cari tau!"


Telfon langsung gue matiin. Gue udah kayak orang kesambet. Bengong. Nggak tau harus ngapain. Lalu nggak lama temen gue yang tadi gue telfon, nelfon balik.

"Bohong kan?"

"Ki, tenang ya. Yang sabar. Kita kirim doa yang banyak buat almarhum ya."


DANG!

Hancur udah hari gue saat itu juga. Gue nangis. Sekejer-kejernya. Gue teriak. Sekenceng-kencengnya. Gue mau minta tolong tapi sama siapa? Gue sendirian di rumah. Nangis sampe kepala gue pusing. Shock.

Dan gue lupa entah gimana caranya gue ngehubungin dua orang temen gue dan mereka langsung ke rumah gue untuk nemenin gue. Seharian gue nangis ditemenin mereka. Yang satu ngeliatin doang. Yang satunya lagi diem doang megang tangan gue sampe malem, sampe gue tenang. Rasanya pgn saat itu juga ketemu Alm. untuk yang terakhir kalinya, tapi nggak bisa. Keadaan harus memaksa gue dan semua orang yang sayang sama dia untuk nunggu sampe jenazahnya tiba di Jakarta karna pada saat itu Alm. lagi mudik ke Padang. Dan takdir harus mengatakan bahwa umurnya cukup sampai perjalanan di Jambi menuju Jakarta karena kecelakaan mobil.

Setelah jenazah sampe di rumah duka, paginya jenazah langsung di makamin. Di perjalanan menujum makam, gue diem. Pikiran gue kosong. Masih nggak nyangka Alm. ninggalin temen-temennya secepet ini. Sampe akhirnya gue nyampe TPU Tanah Kusir, barulah gue sadar ini semua nyata. Bendera kuning dimana-mana. Rangkaian bunga dimana-mana. Dan disitu terpampang jelas nama Aldyan Rushka Putra beserta nama Alm. ayahnya yang turut dipanggil Yang Maha Kuasa untuk pergi selama-lamanya.

Air mata gue mulai jatuh satu persatu, terlebih ketika jenazah udah mulai masuk ke liang kubur. Allahu Akbar. Rasanya baru kali itu gue merasa berat untuk melepas seseorang. Orang yang selama ini selalu ada di setiap malam gue, teman yang selama ini selalu ada disaat susah pun seneng ninggalin kita untuk selama-lamanya. Bahkan sebelum dia sempet menginjakan kaki di kampus barunya. Sebegitunya Allah sayang sama Alm. beserta ayahnya sampai semua harus berlalu begitu cepet.

Entah apa yang dirasain sama ibu dan kakaknya yang ditinggal pergi dua lelaki yang berarti banget buat hidup mereka. Yang jelas saat itu juga mereka harus melanjutkan hidup mereka. Begitu pula dengan gue, dan semua temen-temen yang sayang sama Almarhum. 

And it's been 5 years setelah kepergian Alm. tapi kenangan itu tiba-tiba muncul terekam dengan jelas di setiap detailnya. Mungkin gue harus lebih sering lagi ngedoain Alm. atau mengingat makam Alm. kakek gue udah dipindahin di TPU Tanah Kusir yang cuma beda beberapa blok dari makam Alm. Acil. Lucu ya, ketika lagi-lagi dipertemukan dengan secara nggak sengaja. Padahal sebelumnya Alm. kakek dimakamin di TPU Joglo dan udah beberapa tahun lalu nyari tempat kosong yang pondasi tanahnya masih bagus karna pondasi tanah di Joglo sangat buruk. Eh, siapa sangka dapetnya cuma beda berapa blok dari Alm. Acil :')

Mungkin setelah ini gue akan sering, setidaknya setiap ziarah ke makam Alm. kakek pasti bakal mampir ke makam lo ya cil :') 

Gue tau sih kita udah di dunia yang berbeda. Udah nggak ada lagi tempat nyeleksi orang-orang yang deket sama gue, makanya sekarang banyak yang keluar masuk nggak jelas seenak jidat :( cuma ya, gimana pun juga gue yakin sekarang lo ada di sisi yang terbaik yang Allah punya. Di sini, kita, temen-temen yang sayang sama lo nggak akan pernah lupa sama temen kayak lo. Karna kematian, nggak akan mengakhiri persahabatan :)



Love, 
R.

Comments

  1. Bagus nih ceritanya.... tar di share :))

    ReplyDelete
  2. hahaha heart to heart :) dibukukan ajh, jadi tuh cerpen :v

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ikhlas

Ini cerita tentang salah satu seorang perempuan. Perempuan hebat yang berani mengungkapkan perasaannya lewat notes yang dia buat. Perempuan hebat yang sakit hati namun masih bisa mencoba tersenyum dibalik kesakitannya. Melalui notes ia ungkapkan semua .. and this is her note : "pernah ga lo ngerasa sayang sama orang tapi disaat yg sama lo harus ngilangin semua perasaan itu karena sayang lo itu cuma bertepuk sebelah tangan ? pernah ga lo bersusah payah buat berusaha membuat seseorang nyaman sama lo dan ketika hal itu nyaris berhasil trus tiba tiba itu hancur gitu aja karena ada yang udah lebih dulu bikin dia nyaman bahkan sebelum dia deket sama kita ? gimana perasaan lo ketika ngerasain dua hal itu ? kecewa ,sedih ,marah ,kesel atau bahkan ikhlas ? hmm yaa gue merasakan semua perasaan itu sekarang . gue kecewa kenapa dia akhirnya lebih milih seseorang yg lain setelah gue punya harapan yg lebih ke dia . mungkin gue nya yang terlalu berlebihan nganggep semua sikap dia t

Kakek

kakek, sedang apa? lama tak berjumpa ya kek. aku rindu :( apa kabar kek? rasanya aku ingin memelukmu saat ini juga kek :( sejak kakek pergi, semua masalah makin bermunculan dan aku hampir tak sanggup menghadapinya seorang diri kek. kini berada dirumah tanpa kehadiranmu  seakan aku datang ke sekolah tanpa guru kek. aku bingung. aku merasa kehilangan sosokmu kek, dan saat itu juga aku merasa kehilangan arah. aku seperti sedang merantau ke hutan tanpa kompas. bisa bayangkan aku disini, sendiri, dihadang bertubi tubi masalah yang datang. tidak kek, aku tidak sedang mengeluh .  aku tidak bertanya mengapa masalah ini datang bertubi tubi dan menghajarku, aku hanya ingin mencari jalan keluarnya, itu saja. aku benci mengeluh kek. mengeluh hanya memperkecil iman dan hatiku. karena itu aku benci orang yang diluar sana masih mengeluh hanya karena masalah sepele. aku benci ketika dihadapkan oleh orang yang merasa palng malang sedunia. mereka hanya sekedar ingin menarik perhatian dimat

Life is messy, sometimes...

Life... Aduh paling ga ada abisnya deh kalo udah ngebahas satu kata itu. Satu kata, seribu makna, sejuta derita, dan semilyaran kebahagiaan. Yah walau kadang lebih berasa deritanya sih ya daripada bahagianya hahaha. Jujur, sampe detik ini otak gue masih mencari kata dan kalimat yang pas untuk mendeskripsikan kata "hidup" . Ada pepatah bilang "Life is never flat" , itu bener, bener banget. Hidup ga pernah datar datar aja, makanya Chitato pake kalimat itu buat produk kentangnya yang emang bergerigi dan ga datar itu. Hidup itu ga pernah datar, makanya banyak orang yang bilang hidup itu kayak roda yang selalu berputar. Kadang kita ada di atas, kadang kita ada di bawah, dan kadang kita ga berputar untuk sementara waktu. Hidup itu ga pernah datar, makanya Twitter bisa tercipta untuk semua orang yang suka ngungkapin unek uneknya cuma dengan 140 karakter itu. Hidup itu ga pernah datar, makanya air mata gue bisa ngalir.....malam ini. Gue kangen bokap gue. Well, buat