Skip to main content

The Art of Letting Go

"What is coming is better than what is gone."

6 tahun yang lalu saya pernah ketemu sama seseorang, anaknya nggak tinggi, putih, charming. Waktu itu saya masih punya pacar, begitu pun dia. Bisa ketemu dia pun juga karna dia lagi main sama pacar saya waktu itu. Terus entah sejak kapan dia jadi pembalap saya juga nggak tau, dia bisa-bisanya nikung temen dia yang notabene adalah pacar saya saat itu. Ya sayanya juga mau sih sama dia, hahaha. Saat itu hubungan saya sama pacar saya emang nggak bagus, dia sendiri sebenernya udah hampir putus sebelum ketemu sama saya. Dalih-dalih curhat ya kita jadi deket. Lupa awalnya gimana yang jelas hubungan kita makin deket. Saking deketnya saya sampe bertanya-tanya kita ini apa? Lalu beberapa hari atau malah minggu dia nembak saya. Terus saya tolak. Ppfftt.

Setelah itu saya nggak pernah berhubungan lagi sama dia. Pokoknya saya akhirnya jadian sama orang lain. Selama bertahun-tahun berlalu saya awet sama pacar saya. Sampe akhirnya di pertengahan 2013 saya ketemu lagi sama si dia. Si dia yang dulu saya minta kejelasannya lalu saya tolak. Si dia yang ternyata eh ternyata masih naruh hati sama saya. Si dia yang ternyata setiap mau punya pacar selalu bilang sama pacarnya kalo dia belom bisa move on dari saya dan dia bisa kapan aja ninggalin pacarnya kalo dia suatu saat bisa ketemu sama saya dan balik lagi kayak dulu. Si dia yang sebegitunya sama saya. Si dia yang entah berapa kali saya tinggalkan pada akhirnya akan tetap pulang ke pelukan saya.

Kayak throwback aja ke masa 2009 lalu itu. Pas saya sama dia masih sama-sama punya pacar (begini terus sampe capek~). Ya pokoknya hubungan saya sama si dia itu nggak jelas deh. Belajar dari kesalahan yang lalu-lalu, kita akhirnya pun nggak pernah minta kejelasan status, baik dari pihak saya atau pun dia. Sebab kita tau, sejelas apapun status kita, sejauh manapun langkah kita, pada akhirnya kita akan berpisah di persimpangan jalan. Iya, saya sama dia nggak akan pernah bisa bersatu walau selalu bersama. *Now Playing : Sepatu - Tulus*

Ya pokoknya sejak 2013 lalu saya sama dia bak Romeo & Juliet. Kalo Julietnya mati, Romeonya ikutan minum racun biar mati. Kalo Romeonya yang mati, ya saya kirimin doa ajalah, nggak mau ikutan mati soalnya belom kesampean S2 sama naikin ibu saya haji. Tapi kalo boleh dibilang, kalo dibandingin sama Romeo, si dia ini berkali-kali lipat lebih romantis dari Romeo. Pokoknya kalo ada award pendamping terbaik, pasti dia juaranya. Saya nggak bisa sebutin satu-satu kebaikan dia dan hal-hal romantis yang pernah dia lakuin buat saya karna; 1). Saya inget tapi males nyebutinnya, banyak banget. 2). Kalo saya cerita, I guarantee you will surely envy to me.

Selain terbaik (saya nggak bilang dia baik, tapi saya jamin dia yang terbaik yang pernah saya punya), dia juga pemaaf. Entah saya udah berapa kali ninggalin dia, nyakitin dia, pait-paitin dia, tapi dia tetap bersedia menerima saya kapanpun saya mau. Dia bodoh? Nggak. Saya aja yang terlalu bebel dan egois sampe bikin dia merasa tersakiti berkali-kali. Tapi namanya juga manusia, pasti punya batas kesabaran. Begitu juga si dia.

Lambat laun kesabaran itu menipis atau bisa jadi malah tak bersisa sama sekali. Kesakitan itu perlahan menjadi karang yang diterjang ombak pun nggak akan goyah. Iya, dia mati rasa sama saya. Dia udah merasa cukup sama tingkah laku saya. Dia udahan sama saya. Iya, udahan. Padahal mulai juga belom~

Intinya dia pergi. Saya tau ini kurang greget karna saya nggak menjelaskan apa dan bagaimana semua bisa kayak gini. Yang jelas malam saat dia pergi (pergi pamit dari hidup saya maksudnya bukan pergi karna meninggal, please banget deh ini blog bukan sinetron), saya merasa ada bagian diri saya yang tiba-tiba kosong sekosong-kosongnya. Saya ngerasa hampa.

It seems like such fun until you lose what you had won.

Lalu di sini lah saya, kemakan sama liriknya Jet. Iya, saya ngerasa kosong. Iya, saya ngerasa hampa. Iya, hati saya berasa berlubang sana sini. Tapi di sisi lain saya merasa lega. Untuk pertama kalinya dia meninggalkan saya, bukan kayak yang lalu-lalu saya yang ninggalin dia. Dan saya tau, ini juga akan jadi yang terakhir kalinya dia ninggalin saya. Karna dia nggak akan balik lagi ke hidup saya. Dan saya jamin saya juga nggak akan balik ke hidup dia lagi. Dia merasa cukup tersakiti, dan di sini saya juga sudah merasa cukup menyakiti.

"Mungkin saya memang kehilangan orang yang saya cintai. Tapi kamu kehilangan orang yang mencintai kamu."

Gitu ya kata orang-orang? Iya, mungkin dia juga mikir gitu. Tapi percayalah, saya nggak pernah seikhlas ini melepaskan seseorang. Saya nggak pernah selega ini untuk mengucapkan salam perpisahan kepada seseorang. 

"What is coming is better than what is gone."

Saya udah nyebut kalimat ini di awal tulisan saya. Dan saya cuma mau bilang, kalo saya percaya bahwa kamu, iya kamu yang lagi baca ini dan daritadi saya sebut sebagai dia, akan menemukan seseorang yang pastinya lebih baik dari saya. Dan terima kasih atas kepergianmu karna saya bisa menemukan kembali diri saya yang akhirnya tidak lagi ketergantungan dengan kehadiranmu. Sungguh dari segala hal terbaik yang pernah kita laluin, detik inilah yang paling berarti buat saya, detik inilah yang akan selalu mengingatkan saya sama kamu nantinya, moment di mana kamu pergi dan saya membiarkannya.



With Love,
R.

Comments

Popular posts from this blog

Ikhlas

Ini cerita tentang salah satu seorang perempuan. Perempuan hebat yang berani mengungkapkan perasaannya lewat notes yang dia buat. Perempuan hebat yang sakit hati namun masih bisa mencoba tersenyum dibalik kesakitannya. Melalui notes ia ungkapkan semua .. and this is her note : "pernah ga lo ngerasa sayang sama orang tapi disaat yg sama lo harus ngilangin semua perasaan itu karena sayang lo itu cuma bertepuk sebelah tangan ? pernah ga lo bersusah payah buat berusaha membuat seseorang nyaman sama lo dan ketika hal itu nyaris berhasil trus tiba tiba itu hancur gitu aja karena ada yang udah lebih dulu bikin dia nyaman bahkan sebelum dia deket sama kita ? gimana perasaan lo ketika ngerasain dua hal itu ? kecewa ,sedih ,marah ,kesel atau bahkan ikhlas ? hmm yaa gue merasakan semua perasaan itu sekarang . gue kecewa kenapa dia akhirnya lebih milih seseorang yg lain setelah gue punya harapan yg lebih ke dia . mungkin gue nya yang terlalu berlebihan nganggep semua sikap dia t

Kakek

kakek, sedang apa? lama tak berjumpa ya kek. aku rindu :( apa kabar kek? rasanya aku ingin memelukmu saat ini juga kek :( sejak kakek pergi, semua masalah makin bermunculan dan aku hampir tak sanggup menghadapinya seorang diri kek. kini berada dirumah tanpa kehadiranmu  seakan aku datang ke sekolah tanpa guru kek. aku bingung. aku merasa kehilangan sosokmu kek, dan saat itu juga aku merasa kehilangan arah. aku seperti sedang merantau ke hutan tanpa kompas. bisa bayangkan aku disini, sendiri, dihadang bertubi tubi masalah yang datang. tidak kek, aku tidak sedang mengeluh .  aku tidak bertanya mengapa masalah ini datang bertubi tubi dan menghajarku, aku hanya ingin mencari jalan keluarnya, itu saja. aku benci mengeluh kek. mengeluh hanya memperkecil iman dan hatiku. karena itu aku benci orang yang diluar sana masih mengeluh hanya karena masalah sepele. aku benci ketika dihadapkan oleh orang yang merasa palng malang sedunia. mereka hanya sekedar ingin menarik perhatian dimat

Life is messy, sometimes...

Life... Aduh paling ga ada abisnya deh kalo udah ngebahas satu kata itu. Satu kata, seribu makna, sejuta derita, dan semilyaran kebahagiaan. Yah walau kadang lebih berasa deritanya sih ya daripada bahagianya hahaha. Jujur, sampe detik ini otak gue masih mencari kata dan kalimat yang pas untuk mendeskripsikan kata "hidup" . Ada pepatah bilang "Life is never flat" , itu bener, bener banget. Hidup ga pernah datar datar aja, makanya Chitato pake kalimat itu buat produk kentangnya yang emang bergerigi dan ga datar itu. Hidup itu ga pernah datar, makanya banyak orang yang bilang hidup itu kayak roda yang selalu berputar. Kadang kita ada di atas, kadang kita ada di bawah, dan kadang kita ga berputar untuk sementara waktu. Hidup itu ga pernah datar, makanya Twitter bisa tercipta untuk semua orang yang suka ngungkapin unek uneknya cuma dengan 140 karakter itu. Hidup itu ga pernah datar, makanya air mata gue bisa ngalir.....malam ini. Gue kangen bokap gue. Well, buat